Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted on Jan 8, 2019 in Galeri, Kabar Pondok | 0 comments

Ziarah untuk Mengenang Perjuangan para Pejuang

Ziarah untuk Mengenang Perjuangan para Pejuang

GUNUNGPATI – Pondok Pesantren Ponpes Durrotu Ahlussunnah Waljamaah (Durrotu Aswaja) di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, melaksanakan ziarah ke sejumlah makam para wali di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat. Ziarah ini sebagai sal

K. Agus Ramadhan bersama rombongan saat berziarah di makam pendiri NU Majalengka

ah satu bentuk mengenang perjuangan para pejuang di masa lalu. ‘’Ziarah ini secara tidak langsung mengingatkan napak tilas para pejuang, khususnya para wali,’’tutur Pengasuh Ponpes Durrotu Aswaja, Kiai Agus Romadhan, di sela persiapan pemberangkatan ziarah kompleks kampus Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunungpati, kemarin.

Tak hanya itu, melalui ziarah tersebut, Kiai Agus menerangkan bahwa Ponpes Durrotu Aswaja ingin berkomitmen meneguhkan ajaran Islam Aswaja.

Menurutnya, berziarah merupakan salah satu bentuk dzikrul maut (mengingat kematian) dan pelajaran berharga bagi manusia beragama. Sebab, dengan mengingat kematian ada kehidupan setelahnya. ‘’Konsep ini menghasilkan pribadi yang sadar batasan diri, terhindar dari ketamakan dunia, dan berbagai sifat yang tidak baik,’’terangnya.

Lebih lanjut Kiai Agus menuturkan, ziarah sudah rutin dilakukan oleh pendiri pondok, almarhum Abah Kiai Masrochan.

Selain mengingat kematian, ziarah juga dinilai memiliki unsur pendidikan yang dapat diambil. Di antaranya, memperkenalkan tokoh Islam yang berjuang untuk agama, nusa, dan bangsa. Lurah Ponpes Durrotu Aswaja, Moh Fika Almuzabbib, mengatakan ziarah diikuti 240 peserta dengan menggunakan lima bus.

ARW-

SM

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: