Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted on Feb 4, 2017 in Artikel | 0 comments

Ulama Shaleh Yang Mendadak Tuli

Ulama Shaleh Yang Mendadak Tuli

 

Beliau Adalah Syaikh Hatim Al-ashom, beliau memiliki nama lain yang banyak yaitu Abu Abdurrahman, Hatim Bin ‘Alwan bahkan ada yang mengatakan Hatim Bin Yusuf. Syaikh Hatim Al-ashom merupakan pembesarnya para ulama yang hidup di zamannya  di Khurasan, Irak dan wafat pada 237 H. Ada cerita unik yang mendasari beliau mendapat nisbat Al-ashom yang dikutip dalam kitab Nashaihul ‘Ibad.

Sebenarnya beliau mendapat nisbat Al-ashom atau tuli bukan karena tuli yang sesungguhnya, tapi pura-pura menjadi tuli. Suatu ketika datang seorang wanita kepada beliau untuk menanyakan suatu permasalahan yang menimpa si wanita tadi. Saat si wanita menjelaskan pertanyaanya, tiba-tiba keluar suara kentut dari si wanita tadi. Kemudian si wanita menjadi panik dan malu.

“Tolong suaranya lebih keras lagi! aku tak mendengar”, Perintah Syaikh Hatim yang seolah-olah tuli.

Mengetahui bahwa Syaikh Hatim yang dikiranya tuli, si wanita tadi menjadi kegirangan. Karena suara kentut yang keluar darinya tidak didengar oleh Syaikh Hatim. Kemudian si wanita itu menjelaskan perntanyaannya dengan suara keras dan pelan-pelan.

Semenjak itu, Syaikh Hatim mendapat nisbat Al-ashom atau orang yang tuli oleh masyarakat. Hal tersebut beliau lakukan selama sang wanita tadi hidup sampai meninggal dunia. Apa yang dilakukan oleh Syaikh Hatim  semata-mata untuk menjaga perasaan dan kehormatan si wanita tadi. Syaikh Hatim Al-ashom mengajarkan kepada kita untuk selalu menghormati siapapun dan menjaga perasaannya, terutama kepada orang yang lebih tua. (ulin)

 

 

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: