Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted on Des 1, 2017 in Kabar Pondok | 0 comments

Semarak Maulud sebagai Penjaga Marwah NU

Semarak Maulud sebagai Penjaga Marwah NU

Pondok pesantren Durrotu Ahlissunnah Wal jama’ah mengikuti arak-arakan dalam rangka hari maulud nabi muhammad SAW yang diadakan oleh desa banaran sekaran gunungpati.
Keikutsertaan ponpes durrotu aswaja dalam acara ini merupakan wujud silaturahmi pondok pesantren dengan masyarakat sekitar ponpes. Keberadaan Pondok pesantren Durrotu Ahlissunnah Wal jama’ah ditengah masyarakat merupakan wujud asas pondok pesantren yang memasyarakat sehingga untuk menguatkan hal tersebut silaturahmi dari kedua belah pihak harus senantiasa dijaga, salah satunya melalui acara ini.
Santriwan dan santriwati sangat berantusias untuk ikut serta berpartisipasi dalam acara yang diadakan oleh warga Sekaran Gunungpati, terlihat dari berbagai atribut arak-arakan yang beranekaragam salahsatunya miniatur masjid yang sudah dibuat, serta keikutsertaan santri Ponpes Durrotu Aswaja dalam pengajian maulud nabi sebagai penutup acara yang bertempat dilapangan Banaran Sekaran gunungpati. Grup rebana Ad-durrota Ponpes Durrotu Aswaja juga ikut serta meramaikan acara pengajian maulud nabi sebagai pengisi acara.
Pelaksanaan arak-arakan dan pengajian diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat baik masyarakat,santri maupun mahasiswa UNNES. Arak-arakan yang diadakan setiap tahun sekali ini menjadi salahsatu momentum yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang entah sebagai hiburan semata maupun sebagai refleksi diri bagi mereka.  Mahasiswa dan masyarakat sekitar yang melihat arak-arakan tersebut kebanyakan mengabadikan momentum arak-arakan lewat smartphone atau sekedar membagikannya disosial media agar teman atau saudara tau adanya acara tersebut. Banom serba guna atau Banser juga ikut andil dalam pelaksanaan acara maulud yakni mengamankan jalannya setiap susunan acara walaupun cuaca sedang hujan semangat banser untuk tetap menjaga dan mengamankan keberlangsungan acara tidak surut bahkan semakin meningkat terbukti dengan banser yang berlari kesana kemari untuk mengamankan kondisi lalu lintas disekitar arak-arakan.
Pelaksanaan arak-arakan dan pengajian maulud nabi dikelurahan Banaran setiap tahunnya menunjukkan bahwa wilayah Banaran masih hijau, yakni marwah NU masih sangat kental dengan semangat bersholawat yang tinggi. Kali ini pengajian maulud diisi oleh KH. Khoirul Amin, S.Ag. Semoga untuk tahun-tahun yang akan datang acara dapat diselenggarakan secara kontinu dan semangat masyarakat untuk selalu bersholawat tetap terjaga. (sHIF)

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: