Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted on Mei 18, 2018 in Kabar Pondok | 0 comments

Menyambut Ramadhan, Ponpes Durrotu Aswaja punya Tradisi Unik

Menyambut Ramadhan, Ponpes Durrotu Aswaja punya Tradisi Unik

Semarang – Ponpes Durrotu Aswaja memiliki tradisi unik mengawali awal ramadhan, yakni ziarah ke makam para ulama dan pengajian sambut ramadhan.

Tradisi ini sebagai ungkapan doa agar ramadhan pada tahun ini tambah berkah dan diberi kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa yang penuh dengan ujian kesabaran dan kejujuran. Tradisi ini sudah turun temurun dilakukan santri menjelang Ramadhan.

Selama bulan ramadhan diharapkan para santri Ponpes Durrotu Aswaja untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Hal ini dikarena bulan ramdhan adalah bulan yang penuh berkah dan setiap kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya.

“sambutlah bulan ramadhan ini dengan gembira, maka haram api neraka untuknya,” cakap K. Agus Ramadhan saat sambutan.

Ramadhan adalah bulan dimana kita diwajibkan untuk menahan hawa dan nafsu dari waktu imsak sampai adzan maghrib berkumandang. Disini kekuatan ramadhan membuat sehat. Dikarenakan setelah kita makan maka dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan yang baik seperti shalat tarawih, tadarus dan mengaji. Pada siang hari alat pencernaan kita akan diistirahatkan sehingga dapat mengurangi daya jerja organ pencernaan.

“kunci kita kuat menjalani ibadah adalah Allohumma pekso,” tutur KH. Dzikron saat mengisi tausiyah.

Setiap satu langkah kita berangkat mengaji atau beribadah makan pahalanya sama dengan satu tahun kita beribadah. Dan barang siapa pada bulan Ramadhan penuh Riyadoh maka insyaalloh akan mendapatkan ilmu ludhoni.

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: