Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted on Feb 5, 2017 in Kabar Pondok | 0 comments

Liburan Pondok Datang Saatnya Berdakwah

Liburan Pondok Datang Saatnya Berdakwah

 

Liburan datang!!! Mungkin kata-kata tersebut yang pantas diungkapkan dari para santri ponpes Durrotu Aswaja. Mulai tanggal 2 Februari kemaren kegiatan pondok sudah libur sampai tanggal 17 Februari. Kalender liburan yang ada di ponpes Durrotu Aswaja memang berbeda dengan kalender pondok pesantren pada umumnya.

Sistem kalender akademik ponpes Durrotu Aswaja tidak menggunakan penanggalan hijriyah, akan tapi menyesuaikan dengan kalender akademik kampus yang menggunakan hitungan masehi. Hal demikian dikarenakan jumlah santri mayoritas, hampir 95% dari total santri adalah mahasiswa Unnes.

Sebelum para santri diizinkan pulang mereka harus mengikuti kuliah kemasyarakatan pada kamis pagi (2/2) yang diberikan oleh pengasuh Kyai Agus Ramadhan. Beliau menyampaikan bahwa kepulangan para santri bukanlah untuk liburan, akan tetapi sebagai wadah untuk dakwah untuk mengamalkan ilmunya yang telah didapat selama di pesantren.

“liburan yang diberikan dari pondok ini, bukan untuk digunakan jalan-jalan, malas-malasan, tetapi sebagai ajang dakwah kalian semua” tutur Kyai Agus Ramadhan.

Dakwah dalam konteks ini bukan berarti berceramah di depan umum, tetapi nguri-nguri kegiatan keagamaan maupun bersilaturrahim ke tokoh masyarakat kampung halaman. Para santri selama berada di rumah diwajibkan untuk membuat jurnal keseharian dan harus bersilaturahim ke salah satu tokoh masyarakat kemudian dibuktikan dengan tanda tangan. Bagi santri yang nantinya telat saat kembali lagi ke pondok akan mendapatkan takziran.

Kami dari tim redaksi durrotuaswaja.net, mengucapkan selamat pulang ke kampung halaman, jangan lupa untuk tugasnya yaitu berdakwah di masyarakat dan salam takdzim dari pengasuh untuk kedua orang tua dirumah.

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *