Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted on Nov 2, 2016 in Kabar Pondok | 0 comments

Istighotsah Kebangsaan Hari Santri Nasional

Istighotsah Kebangsaan Hari Santri Nasional

img20161021203620

Semarang (21/10/16)

PCNU Kota Semarang mengadakan serangkaian acara untuk menyambut hari Santri Nasional tahun 2016. Salah satu dari serangkaian acara tersebut adalah Istighotsah Kebangsaan yang berlangsung di halaman plaza Masjid Agung Jawa Tengah. Acara ini dihadiri oleh KH. Kharis Shodaqoh, Drs. KH. Dzikron Abdullah, Habib Djakfar Al-Musawwa, KH. Hanief Ismail Lc., Dr. KH. Ahmad Darodji M.Si., beserta santri seluruh Kota Semarang termasuk santri Pondok Pesantren Durrotu Ahlisunnah wal Jama’ah.

Ada salah satu yang tak lazim pada peringatan hari santri kali ini. Pada umumnya peringatan hari santri diisi dengan kegiatan islami seperti rebana, tari-tarian islam, sholawat bersama dan sebagainya. Kali ini Kota Semarang menghadirkan suguhan yang berbeda yaitu sepak bola api. Tak hanya santri putra, santri putri pun memberanikan diri untuk bermain bola api tanpa takut merasa panas atau akan terbakar dalam  menendang bola api.

Dalam mauidhoh hasanah KH. Kharis Shodaqoh mengatakan bahwa beliau khawatir dengan fenomena saat ini. Banyak konflik internal maupun eksternal yang terjadi. Ada pihak yang berpendapat bahwa Pancasila tidak sesuai dengan agama islam, padahal sebenarnya agama islam itulah yang justru mengisi setiap sila dari Pancasila.

Beliau berharap kelak NU mempunyai kelompok studi khusus untuk para pemuda NU dalam bidang taaqquh fiddin guna mempersiapkan pemuda NU untuk memahami agama, terutama tafsir Al-Qur’an bukan hanya sekedar lafdhiyah maupun tarjumah saja, seperti pada penyebab ramainya konflik internal saat ini.

Di akhir mauidhohnya, beliau berpesan agar santri bisa mewaspadai diri sendiri, lebih meluangkan waktu untuk sering bermuthola’ah, serta meninggalkan yang tidak bermanfaat. (Snadamata)

 

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: