Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted on Okt 19, 2017 in Kabar Pondok | 0 comments

IAIN Surakarta Tuan Rumah Perdana Silatda Ayo Mondok 2017 Jateng – DIY

IAIN Surakarta Tuan Rumah Perdana Silatda Ayo Mondok 2017 Jateng – DIY

Surakarta – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menjadi tuan rumah perdana diadakannya Silaturahmi Daerah (Silatda) Ayo Mondok 2017 Jawa Tengah – DIY. Acara ini merupakan hasil kerjasama antara Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) Jawa Tengah dan Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Surakarta. Tema yang diambil dalam Silatda Ayo Mondok 2017 ini Pesantren Pusat Pendidikan Karakter Nilai Luhur Bangsa dan Islam Moderat, belangsung pada Selasa-Kamis, (17-19/10) di Kampus IAIN Surakarta.

Dalam acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut diisi dengan berbagai kegiatan yang diikuti oleh para kiai, santri dan mahasiswa. Pada hari pertama diisi dengan registrasi peserta dan dilanjutkan dengan istighosah bersama yang dipimpin langsung oleh KH. Fadhullah yang diselenggarakan di Masjid IAIN Surakarta. Selepas itu dilanjutkan dengan diadakannya turnamen badminton antar kiai muda dan pemutaran film Jalan Dakwah Pesantren.

“Dengan diadakannya Silatda Ayo Mondok 2017 di kampus IAIN Surakarta ini diharapkan dapat menanamkan jiwa santri bagi mahasiswa IAIN dan kampus IAIN Surakarta mempunyai pesantren sendiri” ujar Dr. H. Abdul Matin, Lc., MA. (Wakil Rektor I IAIN Surakarta).

”Pesantren merupakan sebuah tujuan pendidikan, bukan pendidikan alternatif” tegas disampaikan oleh Gus Lukman (Ketua Umum GAM NAS)

Selain seminar, dalam acara Silatda 2017 ini mengadakan pelatihan-pelatihan yang mendatangkan nasrasumber dibidangnya. Salah satu pelatihan yang digelar adalah pelatihan website dan Sistem Informasi Pesantren (SIPONTREN) dengan narasumber Rohmad Eko Wahyudi.

Website SIPONTREN ini merupakan suatu program untuk membantu mengelola manajemen pesantren seperti Penerimaan Santri Baru (PSB), Akademik, Keuangan, Perpustakaan, Pendataan Data Santri dan beberapa poin lain yang berkaitan dengan santri. SIPONTREN ini berisi seputar sistem manajemen informasi pondok pesantren yang berbasis server namun berada dalam lingkungan internal pesantren itu sendiri.

Disamping itu juga diadakan Forum Group Discussion (FGD) dengan berbagai topik diskusi seperti Pondok Pesantren berbasis Perguruan Tinggi Islam, Pesantren dan Ketahanan Budaya Lokan dan lain sebagainya yang diakhiri dengan perumusan hasil FGD dan Rekomendasi yang dipimpin oleh Dr. H. Nur Ahmad, MA dan Habib Sholeh.

Tak lepas dengan kegiatan-kegiatan itu, malam puncak Silatda 2017 diisi dengan Pagelaran Seni Islam dan Budaya Jawa IAIN Surakarta bersama dengan Gus Ali Gondrong (Mafia Sholawat) dan Rebana Semut Ireng.

Silatda Ayo Mondok 2017 ini ditutup dengan Seminar dengan tema “ Revitalisasi Pondok Pesantren untuk Penguatan Perguruan Tinggi Islam” dengan Narasumber adalah Dr. H. Mudofir, S. Ag., M.Pd (Rektor IAIN Surakarta), KH. Abdul Ghaffarrozin, M.Ed. (Ketua PP RMI NU), Prof. Dr. H. Abdul Munir Mulkhan, SU. (Diktilitbang PP Muhammadiyah) dan Prof. Dr. Hermanu Joebagyo (Sejarawan UNS).

(Tam)

 

 

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: