Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted on Mei 22, 2018 in Kabar Pondok | 0 comments

Bulan Ramadhan, Suara Merdeka Gelar Gerakan Santri Menulis

Bulan Ramadhan, Suara Merdeka Gelar Gerakan Santri Menulis

Sambutan Rektor UNNES (asw/doc)

Semarang- Gerakan Santri Menulis pada tahun 2018 diadakan di LP3 Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang dihadiri oleh Walikota Semarang, Ketua UT, Ketua dan Sekretaris FKPT Semarang, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNNES dan perwakilan santri Pondok Pesantren sekitar UNNES. Acara tersebut dibuka dengan pemukulan gong oleh Bapak Hendrar Prihadi selaku Walikota Semarang. Kemudian dilanjut pemaparan materi oleh pembicara.

Disini santri diberi pengarahan tentang jurnalistik. Mulai dari cara memunculkan ide, membuat judul yang menarik sampai menyusun kalimat yang ideal sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Para peserta sangat antusias dan aktif bertanya sehingga suasana menjadi hidup.

“Suatu berita harus mengandung unsur 5W+1H yaitu what, who, where, when, why dan how”, tutur Bapak Zulkarnaen. Nah, jika tulisan kita sudah mengandung unsur tersebut, maka bisa disebut berita. Sedangkan menurut Bapak Saronji (pembicara kedua) menulis itu gampang, hanya perlu paksaan agar kita mau mengawalinya. Setelah kita sudah mau mencoba maka kita akan tahu kekurangan tulisan kita. Dan kedepannya tidak mengulangi kesalahan yang sama. Namun sebagian orang menganggap menulis itu hal yang sulit. Karena menuliskan ide-ide yang ada dalam pikiran kedalam tulisan itu bukan hal yang mudah. Perlu kebiasaan agar menghasilkan tulisan yang baik. Itu juga yang saya rasakan sampai saat ini. Masih banyak pilihan kata yang kurang tepat dan kalimat yang belum efektif. Oleh karena itu, dengan adanya Gerakan Santri Menulis memberikan manfaat yang besar bagi saya dan santri lain. Banyak ilmu yang kami dapat dalam kegiatan ini. Dan kedepannya  menjadi bekal  bagi kami untuk berkarya dalam bidang jurnalistik. Sehingga kami dapat menyebarkan informasi yang mudah dipahami dan bermanfaat bagi masyarakat. (nani)

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: