Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted on Jun 5, 2016 in Artikel | 0 comments

Ada Apa Dibalik Zaitun?

Ada Apa Dibalik Zaitun?

zaitun

 

Sejarah Pohon Zaitun

Pohon Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun adalah anggota suku Oleaceae. Pohon zaitun pertama kali didomestikasi di Mediterania Timur antara 8.000 dan 6.000 tahun yang lalu. Pohon ini tumbuh di puncak bukit dengan penyinaran matahari yang optimal, sehingga pohonnya subur dan buahnya menghasilkan minyak yang baik. Tanaman zaitun memiliki ciri-ciri di antaranya: tumbuhan perdu dengan bunga berbentuk lonceng,daun tunggal berhadapan bunga tunggal dan buah menumpang dan berbentuk biji.

Manfaat dan Khasiat

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sesungguhnya Allah Ta’ala menurunkan penyakit dan obatnya, dan menjadikan setiap penyakit pasti ada obatnya. Maka berobatlah kalian, tapi jangan dengan yang haram.” (HR Abu Dawud). Berdasarkan hadis ini, maka tidak heranlah mengapa para alim ulama lebih cenderung kepada makanan-makanan sunnah dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Jika diminum, bermanfaat untuk menguatkan daya ingatan, menguatkan empedu, mencegah masalah pencernaan, mengubati penyakit impotensi, membantu masalah haid, menghilangkan racun dalam tubuh, mencegah pertumbuhan sel-sel kanser, menurunkan kadar gula dan kolesterol, mencegah penyakit kencing manis.

Selain itu, Minyak zaitun, mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker. Penelitian menunjukkan serangan jantung di daerah Mediterania, yang mengkonsumsi minyak zaitun, hanya separuh dibanding di tempat lain. Berdasarkan Studi epidemiologis pada penduduk Mediterania yang banyak mengkonsumsi asam oleat dari minyak zaitun menyimpulkan efek positip oleat bagi kesehatan jantung.

Penelitian Harvard yang terbaru menyimpulkan bahwa Lemak tak jenuh ganda seperti terdapat pada minyak zaitun bisa menurunkan kadar kolesterol LDL(low density lipoprotein) Dimana LDL adalah kadar kolesterol darah jahat yang dapat menimbun di dinding-dinding arteri.

Jenis lemak yang membantu mencegah kanker payudara adalah lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun. Manfaat lain Minyak zaitun adalah untuk membuat kulit sehalus kulit bayi, menjadikan rambut lebat.

Minyak Zaitun dalam Kalamullah

Firman Allah SWT dalam Al Qur’an: “Dan dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan. Maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (QS Al-An’am: 99)

(Aisyah)

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: